menjaga pola makan kala pandemi

Menjaga Pola Makan Kala Pandemi Covid-19 (Junk Food)

Junk food adalah makanan yang mempunyai kalori tinggi tapi nilai gizinya sedikit alias minim atau sama sekali tidak ada nilai gizinya jadi kita. Kelompok makanan ini umumnya juga tinggi kalori dari lemak dan gula. Menjaga pola makan kala pandemi harus sangat diperhatikan selain kita rajib berolahraga, terlebih jika kita banyak aktifitas di luar rumah baik aktifitas pekerjaan dan aktifitas lainnya.

Resiko yang dapat disebabkan oleh seringnya konsumsi Junk Food

  • Kandungan lemak jenuh yang tinggi mengakibatkan penyakit dalam, umumnya obesitas yang dapat memacu penyakit jantung.
  • Kandungan garam dan bumbu perasa yang tinggi sehinga dapat meningkatkan tekanan darah dan memengaruhi fungsi kerja ginjal.
  • Selain lemak, kandungan gula juga sangat tinggi sehingga risiko akan kolesterol tinggi sangat besar.
  • Mengendapnya lemak yang semakin tinggi juga mempengaruhi fungsi kerja hati.
  • Meningkatkan resiko terhadap Diabetes tipe 2 “kerja berat” pada sistem metabolisme dan hal ini dapat mengurangi sensitifitas insulin serta memengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar.

Tips Sehat Konsumsi Junk Food

  • Jangan disantap Saat Perut Kosong.
  • Seimbangkan dengan Makanan Tinggi Serat dan Nutrisi, Kombinasikan junk food dengan makanan kaya serat seperti sayur maupun buah.
  • Pilih Porsi Kecil, Hal ini membuat asupan yang masuk ke dalam tubuh lebih baik dan terkontrol.
  • Batasi Konsumsi Junk Food, Batasi konsumsi junk food guna menghindari berbagai permasalahan kesehatan jangka panjang yang bisa saja terjadi.
  • Perbanyak air putih

Selain menjaga pola makan kala pandemi, kita juga harus menjaga kesehatan dengan berolahraga serta mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M

Tips and Trik

Tinggalkan Balasan