Trik CV agar dilirik oleh perusahaan

Daftar Riwayat Hidup atau juga bisa disebut Curriculum Vitae (CV) tentunya adalah sesuatu yang tidak asing bagi para pencari kerja atau jobseeker. Ini merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Sebenarnya apa Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup itu? Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup adalah dokumen yang berisi informasi tentang kualifikasi si pencari kerja. Informasi tersebut mencakup data pribadi , latar belakang pendidikan, ketrampilan, prestasi, pengalaman dan lainnya. Pengalaman memang adalah hal yang wajib untuk di tuliskan dalam Curriculum Vitae saat akan melamar kerja di suatu perusahaan. Namun, ada beberapa orang yang terkadang belum memiliki pengalaman kerja untuk dituliskan di Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup. Padahal pengalaman merupakan salah satu hal penting yang dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum merekrut seorang pelamar. Lalu bagaimana membuat Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate yang menarik agar dilirik oleh perekrut?

Introduction atau pengenalan diri

Disebutkan diatas bahwa Curriculum Vitae (CV) harus menggambarkan pengalaman professional dan akademik,maka dari berikut adalah cara bagaiman membuat Curriculum Vitae (CV) yang menrik : dalam bagian pengenalan diri harus dibuat dengan semenarik mungkin,berikan kata-kata yang dapat meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu layak untuk bergabung. Perhatikan juga kualifikasi yang diminta oleh perusahaan.Tulis passion,keahlian,atau kepribadianmu yang paling menonjol dengan singkat. Jangan cantumkan objective yang sama pada setiap pekerjaan yang dilamar,cover letter yang lebih spesifik akan menarik dibandingkan dengan yang umum. Introduction yang spesifik akan menunjukan keseriusan dan kesungguhan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Data diri

Yang meliputi nama lengkap,tempat dan tanggal lahir,alamat,nomor telepon, dan email. Usahakan dalam penulisan data diri adalah benar-benar data asli.Berikan nomor telepon dan email yang biasa digunakan dan masih aktif,ini untuk memudahkan perusahaan untuk menghubungi. Dapat juga menambahkan akun media sosial agar pihak perusahaan lebih mengenal lebih jauh.

Riwayat pendidikan

Hal-hal yang biasanya terdapat diriwayat pendidikan adalah nama perguruan tinggi,jurusan,IPK dan tahun lulus.Biasanya riwayat pendidikan yang ditulis di Curriculum Vitae (CV) adalah dua riwayat pendidikan yang terakhir ditempuh,misalnya untuk lulusan S1 maka di riwayat pendidkan ditulis Sarjana(S1) dan SMA/SMK. 

Pengalaman Magang (bagi yang memiliki)

Yang berisi tempat magang, posisi atau jabatan,durasi waktu dan jobdesk yang dikerjakan. Sangat penting untuk menuliskan pengalaman kerja secara detail tetapi tidak diceritakan secara panjang,tuliskan dalam bullet point bukan paragraf. Jangan menulis semua pengalaman kerja,tulis pengalaman-pengalaman yang paling terbaik,hal ini dilakukan agar Curriculum Vitae (CV) tidak terlalu penuh.

Pengalaman Organisasi

Berisi nama organisasi yang diikuti,jabatan dalam organisasi,periode/waktu,dan jelaskan secara singkat tugas dan tanggung jawab dalam jabatan yang diduduki.Pengalaman organisasi sangat berpengaruh dalam proses perekrutan,pasalnya pengalaman organisasi menunjukan kemampuanmu dalam bekerja dalam tim.

Prestasi dan skill yang dimiliki

Pada prestasi di Curriculum Vitae (CV) dapat menunjukan kemampuan yang telah kamu capai selama ini dan menjadi point penting dalam proses melamar kerja. Untuk Skill sendiri kamu dapat memasukkan keahlian-keahlian yang dimiliki,usahakan keahlian yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi atau pekerjaan yang ingin dilamar.

Kejujuran

Usahakan apa yang kamu tulis dalam Curriculum Vitae (CV) adalah jujur , jangan kamu melebih-lebihkan,tuliskan apa saja tentang dirimu secukupnya.


Diatas merupakan cara membuat Curriculum Vitae (CV) untuk fresh graduate,selain hal-hal diatas yang perlu diperhatikan dalam membuat Curriculum Vitae (CV) adalah jenis font yang digunakan,dalam membuat Curriculum Vitae (CV) gunakan jenis font yang mudah dibaca dan perhatikan juga ukuran font, jangan terlalu kecil agar dapat dibaca.

Tips and Trik

Tinggalkan Balasan