Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan Via Email

Di era sekarang ini, melamar kerja via email dinilai lebih efisian terlebih di masa pandemi. Hampir semua orang bekerja menggunakan email sehingga lamaran pekerjaan kamu dapat dengan mudah dibaca oleh perekrut.

Selain itu kamu tidak perlu repot pergi keluar kantor, dan bisa menghemat pengeluaran di masa pandemic seperti sekarang ini.

Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk melamar pekerjaan via email yang baik dan benar.

1.     Body email sangat penting

Mengirim lamaran kerja via email wajib menulis body email. Selain mengutarakan maksud lamartan kerja, disini kamu juga bisa sedikit penjelaskan tentang diri kamu.

2.     Subject Email

Hal yang tidak kalah penting adalah mengisi subject email. Kalian bisa menuliskan sesuai dengan ketentuan dari perusahaan. Jika memang tidak ada ketentuan, subject email bisa ditulis nama dan posisi pekerjaan yang ingin kamu ambil.

3.     Lampirkan dalam bentuk pdf

Sebaiknya  file yang kamu kirim adalah dalam bentuk pdf yang sudah dijadikan satu, karna jika kamu pisah maka itu akan memperlambat proses karna harus mendownload satu persatu. Jangan sampai file yang kamu kirim dalam bentuk zip/rar.

4.     File berkas lamaran tidak lebih dari 1MB

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah besarnya file yang dikirim jangan sampai lebih dari 1MB karena hal tersebut akan menyita waktu jika file terlalu besar.

5.     Gunakan email professional

Gunakan email dengan penamaan yang tidak alay. Hal itu akan lebih membuat HRD yakin untuk melihat lamaran pekerjaan kamu.

6.     Penamaan Berkas harus jelas

Yang tidak kalah penting adalah penamaan berkas yang jelas. Format ideal adalah tiper berkas_nama kamu. Contohnya CV.Mashanda , jangan CV.Fix.

Uraian diatas adalah beberapa tips melamar pekerjaan via email. Semoga membantu teman-teman semua ya.

Uncategorized

Tinggalkan Balasan