Tips Membuat CV Yang Baik dan Menarik

Bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik?? Apakah pertanyaan ini pernah terlintas dipikiranmu??

Pengertian CV sendiri adalah dokumen yang memberikan informasi tentang kualifikasi pencari kerja. Informasi tersebut mencakup data diri, latar belakang Pendidikan, prestasi, ketrampilan dll.

Mari kita  bahas bagaimana caranya membuat CV yang baik dan Menarik

1. Desain CV yang simpel

Desain CV yang bagus adalah yang simpel, jelas isinya dan tidak terlalu mencolok. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pemakaian jenis huruf dan ukuranya.

2. Deskripsi diri yang singkat dan jelas

Tidak perlu menjelaskan Panjang lebar tentang diri kamu, yang perlu kamu lakukan adalah statement yang singkat ,padat dan kenapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk mengisi jabatan di perusahaan tersebut.

3. Isi riwayat kerja yang spesifik

Disini kamu bisa menjelaskan lebih spesifik tentang prestasi apa yang sudah kamu raih. Kamu bisa melampirkan data pendukung agar perusahaan bisa melihat kemampuan kamu.

4. Cantumkan pengalaman kerja secara detail

Pada CV tersebut tuliskan pengalaman kerja kamu secara detail. Tuliskan tanggungjawab secara kompleks diperusahaan kamu yang sebelumnya agar Hrd bisa mengukur kapasitas kamu apakah kamu cocok menempati posisi yang ada diperusahaan sekarang atau tidak. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan maka semakin besar kemungkinan untuk dipanggil interview.

5. Tunjukan Kemampuan Bahasa Asing Kamu

Jika kamu menguasai Bahasa asing, cobalah menulis CV dengan menggunakan Bahasa inggris karna itu akan menambah daya Tarik tersendiri. Namun gunakan tata Bahasa asing yang benar dan formal. Hindari penulisan dengan menggunakan kata slang.  

6. Tambahkan Softskill yang kamu miliki

Softskill adalah kepribadian, atribut personal dan kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses. Sebaiknya softskill yang kamu perlihatkan adalah tentang bagaimana berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

7. Sisipkan kontak referensi

Tujuan dari kontak referensi ini adalah untuk memberikan informasi penting dari pihak ketiga terkait kompetensi pekerjaan yang akan diberikan perusahaan kepada kamu.

Namun pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu pada orang yang nomornya dicantumkan sebagai referensi.

8. Tambahkan akun media sosial

Cobalah untuk menambahkan akun media social yang kamu miliki seperti Instagram, facebook atau lainya. Pastikan kembali bahwa akamu tidak pernah melakukan hal – hal yang melanggar hokum ataupun SARA. Karena hal tersebut akan memberikan kesan buruk kepada kamu.

Nah, 8 tips tadi yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat CV agar lebih menarik hati para HRD. Semoga CV yang kamu buat bisa lolos di perusahaan impian kamu ya.

Uncategorized

Tinggalkan Balasan