Awas Tertipu! Kenali Ciri Hoax Lowongan Pekerjaan Yang Ada di Situs Pencari Kerja

Selepas menempuh Pendidikan, hal yang paling lumrah untuk dicari oleh para fresh graduated adalah memperoleh pekerjaan. Saat ini, pekerjaan adalah suatu hal yang sangat di idam-idamkan bagi mereka yang baru saja lulus dari jenjang Pendidikan, karena tentunya kamu pasti ingin mempunyai penghasilan sendiri. Keinginan yang kuat untuk lepas dari pembiayaan orangtua menjadikan alasan utama para fresh graduated giat dalam mencari pekerjaan.

Saat ini dengan adanya kecanggihan teknologi dan informasi. Berburu hingga melamar pekerjaan dapat kita lakukan hanya dengan memanfaatkan gadget yang kita miliki. Dengan adanya layanan situs pencari kerja, proses job seeking menjadi lebih mudah dan efisien tanpa harus buang-buang keringat. Namun, bagaimana apabila kita mendapatkan infromasi lowongan kerja yang kita lamar ternyata palsu dan merugikan kita?

Berikut tanda-tanda yang bisa kamu pahami untuk mengetahui keaslian dari informasi lowongan pekerjaan di situs lowongan kerja :

  • KUALIFIKASI PEKERJAAN YANG TIDAK MEMBUTUHKAN PENGALAMAN

Para pemalsu lowongan kerja di situs pencari kerja sering memanfaatkan fresh graduated yang minim dengan pengalaman kerja, hal tersebut bertujuan untuk dapat menarik sebanyak-banyaknya pelamar. Jika sebuah perusahaan yang asli menggunakan situs pencari kerja dan membutuhkan fresh graduated, biasanya mereka mencantumkan suatu persyaratan seperti Pendidikan khusus atau minimal Pendidikan jurusan tertentu. Perusahaan yang benar-benar mencari karyawan akan menghargai sekecil apapun pengalaman tersebut, misalnya seperti pengalaman magang. Berhati-hatilah pada lowongan kerja di situs pencari kerja yang memberikan kesan semua orang bisa melakukan pekerjaan tersebut.

  • GAJI YANG DIBERIKAN FANTASTIS

Harap diwaspadai apabila informasi mengenai lowongan pekerjaan yang diberikan tidak membutuhkan pengalaman tertentu tetapi nominal gaji yang diberikan  sangat besar. Gaji yang sangat besar tersebut diharapkan dapat menarik para job seeker yang mudah tergiur. Jangan mudah tergiur untuk jumlah nominal gaji yang diberikan, ada baiknya kamu melakukan riset lebih lanjut mengenai gaji rata-rata dari suatu pekerjaan yang kamu lamar untuk menghindari adanya penipuan kerja.

  • MEMINTA SEJUMLAH UANG DALAM PROSES REKRUTMENNYA

Informasi lowongan kerja palsu di sebuah situs pencari kerja biasanya menipu para job seeker dengan cara meminta sejumlah uang dari mereka. Jika ada sebuah perusahaan yang meminta sejumlah uang dengan alasan untuk kebutuhan proses rekrutmen, kamu patut untuk mencurigai perusahaan tersebut. Karena perusahaan yang besar dengan reputasi tinggi dan baik tidak akan meminta sejumlah uang untuk para calon pekerjanya.

  • MEMINTA INFORMASI PRIBADI DAN BERSIFAT SENSITIF

Salah satu tujuan para pemalsu lowongan kerja adalah untuk mendapatkan informasi dan data pribadi yang bersifat sensitif dan memanfaatkan data tersebut untuk memperoleh uang. Apabila kamu diminta untuk memberikan informasi mengenai rekening bank atau asuransi dan  nomor kartu kredit. Waspadi lowongan kerja yang mensyaratkan kamu untuk mencantumkan data-data ini.  

  • EMAIL PERUSAHAAN TIDAK PROFESIONAL

Perusahaan yang memiliki kredibilitas tentu akan memberikan email balasan atas surat lamaran kamu menggunakan akun email dengan domain perusahaan. Jika kamu tiba-tiba mendapatkan email dari perusahaan dengan alamat pribadi dengan domain umum, kamu patut untuk mencurigai informasi dari email tersebut. Perusahaan pasti memiliki saluran-saluran resmi dalam memberikan informasi pada setiap proses rekrutmen nya, selain melalui email dengan domain resmi perusahaan , bisa juga melalui telepon perusahaan, mengirim pesan singkat dengan menggunakan nomor resmi atau memberikan informasi di situs perusahaan atau akun resmi media social milik perusahaan.

Keaslian lowongan kerja sangat penting bagi para pencari kerja dan perusahaan. Perusahaan yang Namanya dipakai oleh pemalsu lowongan kerja akan sangat dirugikan dan dapat merusaka reputasi dan nama baik dari perusahaan tersebut. Ada baiknya sebelum kamu melamar lowongan kerja tersebut kunjungi website resmi perusahaan agar semakin banyak informasi yang bisa kamu dapat. Selain mendapatkan informasi, kamu juga bisa terhindar dari infromasi hoax yang merugikanmu.

Kamu juga dapat mengunjungi situs pencari kerja resmi lainnya yang akurat dan terpercaya untuk membantu menemukan berbagai macam jenis lowongan pekerjaan sesuai kebutuhanmu. Seperti di situs ayokerja.co.id yang selalu memberikan informasi lowongan pekerjaan secara akurat dan terpercaya karena informasi lowongan kerja yang ada di ayokerja.co.id sudah melalui tahap screening yang ketat, jadi keaslian lowongan pekerjaan yang ada di ayokerja.co.id tidak perlu diragukan lagi. Kunjungi lowongan kerja yang ada di ayokerja.co.id dan temukan pekerjaan impianmu sekarang juga!

News

Tinggalkan Balasan